0 item in the bag

No products in the basket.

Toko Komputer Online di Jakarta

Sejarah Perkembangan Printer dan Scanner

Sejarah Perkembangan Printer dan Scanner

Printer atau mesin pencetak adalah sebuah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan (output), baik berupa teks maupun gambar yang ditampilkan dalam sebuah media. Printer merupakan salah satu aksesories komputer yang paling penting hal ini dikarenakan printer seolah menjadi mesin ajaib yang bisa membuat file digital di dalam komputer menjadi sebuah benda fisik berupa kertas yang bergambar atau berisi tulisan.

Sedangkan scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Scanner memiliki fungsi yang hampir mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Dalam artikel kali ini admin ingin menjelaskan tentang Sejarah Perkembangan Printer dan Scanner.

Sejarah dan Perkembangan Printer

Tidak terlalu banyak orang yang mengetahui awal mula ditemukannya mesin percetakan yang sekarang dikenal dengan nama printer. Ada beberapa sumber mengatakan bahwa printer pertama kali dibuat oleh orang – orang tiongkok yang mencoba untuk memulai mencetak dengan mesin sederhana sekitar abad ke-14 silam. Mereka menciptakan Block Printing yang menghasilkan tinta yang kemudian digunakan untuk mencetak.

Namun karena kendala yang dihadapi yaitu sulitnya huruf atau font mereka sehingga printer tersebut tidak bisa berkembang dengan baik. Sejarah printer kemudian mencatat orang – orang Eropa yang memiliki bentuk huruf yang lebih sederhana dan mudah dibuat. Pada saat itu, dunia teknologi Eropa sedang berkembang pesat, mereka mencoba untuk mengubah mesin ketik menjadi sebuah mesin pencetak yang mampu mencetak lebih cepat.

Pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di Eropa yang menimbulkan kebutuhan akan proses produksi dokumen tulisan yang cepat dan murah. Adalah Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, yang berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak yang telah mengubah tehnik mencetak secara revolusioner. Percetakan sendiri mungkin merupakan penemuan yang paling penting pada millennium lalu, walaupun dampak yang ditimbulkannya pada perekonomian global tidak terlalu besar. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yang diproduksi secara massal.

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg

Johannes Gensfleisch zur Laden zum Gutenberg

Sejarah dan Perkembangan Scanner

Sejarah dan perkembangan scanner berawal pada tahun 1975 yaitu ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini dapat mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks. Dan pada tahun tersebut mulai berkembangnya teknologi scanner sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.

Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography ,fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Dan pada akhirnya di tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin tersebut di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).

Dalam perkembangannya, bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan ada juga yang berbentuk pena yang diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Quicklink bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar. Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Pada saat ini, scanner sudah semakin berkembang dengan pesat diantaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX , Panasonic, Samsung, Fujitsu, Lexmark dan masih banyak lagi brand scanner yang lainnya yang semakin berkembang dengan pesat seiring penemuan baru teknologi scanner.

Demikian Sejarah Perkembangan Printer dan Scanner dari awal penemuannya hingga pengabungan teknologi hingga menjadi Printer dan Scanner yang kita gunakan sekarang .